Flagship Nissan March ini menggunakan mesin 1.498 cc 4-silinder bertenaga 109 dk di 6.000 rpm dan torsi 148 Nm di 4.400 rpm. Mestinya itu cukup kuat untuk menarik bobotnya yang hanya 1.012 kg bermodalkan transmisi otomatis 4-speed.
Lonjakan tenaga langsung terasa begitu Anda menginjak pedal gas. Torsinya terasa cukup padat sejak putaran rendah. Perpindahan gigi dapat berlangsung mulus, meski terasa entakan khas transmisi matik konvensional. Tidak sulit baginya untuk keluar dari situasi ‘stop and go’. Dan yang pasti, tanpa desing dan getaran khas mesin 3-silinder yang lumayan mengganggu.
Ia pun cukup responsif ketika pedal gas ditekan habis. Raungan mesin terasa menggebu-gebu dan ‘memaksa’ Anda untuk terus menekan pedal gas. Hasilnya adalah waktu 12,67 detik guna menuntaskan sprint 0-100 km/jam.
Konsumsi BBM-nya terbilang moderat. March masih sanggup menuai konsumsi 12,2 km/l di rute dalam kota dan 19,8 km/l di rute tol.
Renovasi pada March tidak sampai menyentuh dimensi. Tak heran jika akomodasinya masih sama dengan yang lama. Bukan yang terbaik, namun tetap memadai. Keberadaan armrest di bangku sopir dan adjustable headrest di belakang membantu penumpang mendapatkan posisi duduk nyaman.
Selain itu, setting suspensinya juga tidak mengalami sentuhan. Pendeknya jarak antar sumbu roda membuat goncangan jalan lebih kerap diteruskan ke bodi mobil. Memang bantingan suspensinya tidak terlalu keras, tapi seringnya mobil bergoncang terasa mengganggu.
Pengendaliannya juga tidak mengecewakan. Memang, Anda tidak bisa berharap banyak dari bodinya yang membulat dan besar itu. Tapi mobil masih cukup nurut diajak manuver cepat. Sedikit understeer, namun masih bisa dikontrol dengan baik. EPS membuat radius putar 4,5 m terasa kian mudah dan ringan.
Sentuhan di depan membuat wajahnya terlihat semakin dewasa. Seperti aplikasi gril mewah, bumper dengan kisi udara berlapis krom, dan foglamp berlis krom. Guratan segar juga tampak di bumper belakang, lengkap beserta lampu belakang baru dan panel unik di atas bumper.
Ke dalam, kesan mewah tampak pada desain dasbor dengan material solid. Kelir hitam meningkatkan nuansa kemewahan. Apalagi ditambah dengan AC climate control dengan kontrol melingkar dan audio rapi di atasnya. Kualitas audio tidaklah mengecewakan.
Lantas, value apa lagi yang ditawarkan oleh mobil mungil seharga Rp 191 juta ini? March memberikan Anda smart key yang bersinergi dengan tombol Start/Stop mesin, tombol untuk membuka kunci pada hendel pintu, serta immobilizer.
Reminder unik bergambar kopi dan kalimat ‘Have A Break’ muncul setiap sekian jam mobil menyala. Waktunya dapat diatur terpisah, termasuk untuk mengatur reminder ulang tahun. Untuk keselamatan berkendara, March menyiapkan rem ABS+EBD+BA, dual airbags, dan Vehicle Dynamic Control (VDC). Fitur VDC bisa dimatikan via tombol di sisi kanan kemudi.
0 komentar:
Posting Komentar